Dinkominfo Launching dan Melaksanakan Bimtek Website Kecamatan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara – Untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Open Goverment Indonesia (OGI) atau sistem pemerintahan yang terbuka Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara melaksanakan Launching dan Bimtek Website 10 Kecamatan percontohan di Kabupaten Banjarnegara di Ruang Lab. Komputer Dinas Kominfo. (21/5).


Dalam laporannya Kasi Pelayanan Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Erni Anjar Ningsih, S.Kom mengatakan Kecamatan sebagai perangakat daerah yang melayani masyarakat secara langsung tak lepas dari kewajiban penyedia informasi publik. Dengan adanya website Kecamatan diharapkan dapat menjadi sarana Pemerintah Kecamatan untuk menyediakan Informasi Publik yang akurat, benar, tidak menyesatkan dan dapat diakses dengan mudah dan murah oleh semua pihak.

“Dari 20 website kecamatan 17 diantaranya belum terkelola dengan baik sehingga perlu dilakukan bimbingan terhadap pengelola website kecamatan sehingga website dapat digunakan sebagai sarana penyampaian hak masyarakat akan informasi.” katanya

Hasil yang ingin di capai dari kegiatan ini yakni tersedianya web kecamatan yang menarik dan informatif serta up to date yang dapat di akses dengan cepat dan mudah dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik dan mempercepat penyampaian informasi publik.  Tambahnya.

Pemerintah telah menjamin hak masyarakat untuk memperoleh informasi dengan diterbitkanya UU No.14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik . Undang undang ini memberikan hukum terhadap hak setiap orang dalam memperoleh informasi publik. Dimana setiap badan publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana. Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan Dan Kesra selaku Plh. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Nurul Aini, SH, MM saat Laounching dan Bimtek Website Kecamatan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Lebih lanjut Nurul Aini menyampaikan Website Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara mulai di bangun pada bulan oktober 2018. Hingga Februari 2019 baru 3 website yang sudah dikelola dan di manfaatkan untuk menyampaikan informasi publik sedangkan 17 lainnya belum optimal.

Untuk mewujudkan Open Government Indonesia dan Keterbukaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Banjarnegara berupaya untuk mendorong pengelolaan website kecamatan dengan melakukan fasilitasi pengelolaan website kecamatan. Katanya

“Banyak hal yang harus dilakukan dalam mengelola website, bagaimana agar website pemerintah tidak hanya sekedar menyajikan informasi saja, tetapi juga menarik, komunikatif mudah di akses dan di sukai oleh pengunjung dalam mengakses informasi.” Katanya

Tidak kalah pentingnya dalam pengembangan dan pengelolaan website adalah data dan informasi yang di tampilkan harus selalu up to date.

Nurul Aini berharap seluruh peserta bimtek dapat meraih manfaat  dan memberikan kontribusi serta inovasi dalam mewujudkan website kecamatan yang informatif dan up to date.

Dengan  adanya website kecamatan diharapkan informasi – informasi mengenai kebijakan publik, layanan publik, pembangunan di Kecamatan, Capaian Kinerja dan potensi wilayah dapat disampikan kepada masyarakat. (Bagus / Dinkominfo)

Sumber : https://banjarnegarakab.go.id

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.